Peringgatan Hari Gizi Nasional tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Setidaknya ada dua fenomena besar terjadi awal tahun 2010, yakni berlakunya Pasar Bebas ASEAN-China dan kenaikan harga 3 komoditas utama (beras, gula dan minyak goreng).

Berdasarkan kondisi tersebut, maka dalam rangka memperingati Hari Gizi sekolah Al Muslim Sidoarjo mengangkat 2 tema acara berbeda. SD Al Muslim adakan “Bazzar buah lokal” dengan penjual dan pembeli oleh siswa guna memasyarakatkan potensi buah lokal. Sedangkan SMP Al Muslim mengangkat fenomena “Nasi Aking” sebagai dampak kenaikan harga beras menyebabkan warga miskin beralih ke nasi aking.

Dengan mengenalkan “Nasi Aking” kepada siswa diharapkan akan menimbulkan sikap empati dan peduli pada nasib warga kurang mampu. Di samping itu, sebagai bagian dari pendidikan enterpreneur, para siswa diajak memberikan solusi dengan meningkatkan nilai gizi nasi aking dengan varian aneka rasa.

Alhamdulillah… acara berjalan dengan lancar. Siswa SD Al Muslim terlihat antusias dengan acara bazaar buah lokal. Ada yang menjual dan ada juga pembeli yang saling bertransaksi buah-buahan baik yang sudah diolah maupun yang masih segar. Pengalaman ini membuat para siswa berlatih tidak hanya kepedulian terhadap buah lokal Indonesia namun juga pengalaman transaksi jual beli yang didalamnya ada penerapan nilai-nilai Leadership. Penerapan Leadership juga terlihat jelas pada siswa SMP yang berusaha untuk mencari hasil olahan Nasi Aking untuk meningkatkan mutunya. Mereka berhasil membuat Ampyang Aking dan Arem-arem Aking.

Peringatan hari gizi diselenggarakan Lembaga Pendidikan Al Muslim sebagai upaya untuk mengenalkan para siswa akan kondisi gizi masyarakat kita pada umumnya yang masih perlu perhatian serius dari banyak pihak. Fenomena Nasi Aking dan daya jual buah lokal yang masih kalah bersaing adalah beberapa dari temuan-temuan yang bisa dipelajari oleh para siswa dengan harapan timbul rasa peduli terhadap sesama sekaligus semangat untuk menghargai buah lokal Indonesia yang sangat kaya ragam.

Selamat Hari Gizi Nasional 2010!