Perekrutan guru di Al Muslim telah dimulai sejak 16 Mei -16 Juni 2009. Diawali dengan penerimaan berkas surat lamaran yang telah diumumkan di koran Jawa Pos (Minggu, 16 Mei 2009). Setelah dua minggu, tepatnya 30 Mei 2009 divisi HRD Al Muslim menetapkan sebagai batas pengiriman terakhir.

Menurut Masduki Rofi’ie selaku divisi HRD menyatakan bahwa jumlah pelamar yang telah masuk sekitar 130 orang. Tahapan seleksi dimulai dengan seleksi administrasi, psikotes, tes mengajar, dan wawancara. Berdasarkan tahapan seleksi tersebut, Al Muslim Jawa Timur menentukan 9 orang yang dinilai layak oleh tim seleksi yang terdiri dari Kepala Sekolah SD dan SMP, Kabid Pendidikan, Direktur Sekolah, dan Divisi HRD.

Berikut nama-nama para pelamar yang telah dinyatakan menjadi Guru Al Muslim dan telah masuk kerja sejak Senin (16/6) lalu.
Untuk Guru SD :
1. Laily Urfa, S.Si (Matematika)
2. Perdana Putra Charisma Barata Setyo Budi, S.Pd. (Olahraga)
3. Fauzia Isnaini, S.Si. (Biologi)
4. Ratih Ayuningtyas, S.P. (GE)
5. Diah Trisnawuri, S.Pd. (Bahasa Inggris)
6. Sarwono, S.Pd. (Komputer)

Untuk Guru SMP:
1. Siti Aisyah, S.S. (Bahasa Indonesia)
2. Dewi Yulianti, S.S. (Bahasa Inggris)
3. Ari Wahyudi Nuswantoro, S.Pd. (Matematika)

Selamat bergabung dengan lembaga pendidikan Al Muslim Jawa Timur. Semoga sukses dan terus berkarya menghasilkan generasi khalifatul fil ardhi. Bagi para pelamar yang belum memiliki kesempatan untuk diterima dan telah mengikuti proses seleksi penerimaan guru di Al Muslim, diucapkan terimakasih atas partisipasinya. Semoga sukses. Amin.