tim Juri Penilai Sekolah Adiwiyata

logo_adiwiyata2Perjuangan lembaga pendidikan Al Muslim terutama di jenjang Sekolah Dasar (SD) membuahkan hasil yang memuaskan dan membanggakan. Perjuangan tim Green Education beserta seluruh stake holder yang ada di Al Muslim cukup melelahkan, namun hal itu tidak menjadikan untuk patah semangat.

Pertama, SD Al Muslim mengikuti seleksi calon sekolah adiwiyata di tingkat Kabupaten Sidoarjo (memang kebetulan letak sekolah Al Muslim Jl. Raya Wadung Asri 39F yaitu perbatasan antara Sidoarjo dan Surabaya). Penilaian di tingkat itu yaitu penilaian administrasi dan tinjauan lapangan yang dimulai dimulai November 2008 – Januari 2009.

Lalu dari Badan Lingkungan Hidup (BLH) kabupaten Sidoarjo, Al Muslim mendapat rekomendasi untuk dikirim mewakili kabupaten Sidoarjo mengikuti seleksi calon sekolah adiwiyata tingkat Jawa Timur.

Tim Juri Sekolah Adiwiyata Melakukan Peninjauan di Kebun Sekolah Al Mulsim

“Alhamdulillah, SD Al Muslim termasuk dalam penilaian grade pertama untuk penilaian kuisioner dan tinjauan lapangan,” ujar Intan Larasati, S,Pd. selaku koordinator GE. Sabtu, (21/3) kemarin tim evaluasi penilaian sekolah adiwiyata yaitu Mohamad Zamroni dan Wiwik dari BLH propinsi Jawa Timur meninjau SD Al Muslim. Mereka melakukan penilaian melalui mencocokkan dari dokumen kuisioner dengan kenyataan yang ada di lapangan. “Para juri terutama melakukan penilaian dari penerapan kebijakan sekolah dan kesesuaian sarana pendukungnya,” tambahny.

Tim Juri Sedang Meninjau Tempat Pemilahan Sampah

“Hasil dari penilaian itu, SD Al Muslim mewakili Jawa Timur untuk mengikuti seleksi calon sekolah adiwiyata tingkat Nasional.” Kata guru yang sering dipanggil ustadzah Intan itu. Untuk itu, guru yang juga mengajar Biologi di SMP Al Muslim menambahkan langkah selanjutnya yang dilakukan adalah persiapan secara fisik dan pembenahan beberapa hal untuk persiapan tinjauan Kementrian Lingkungan Hidup (KLH) di Mei mendatang.

Tim Penilai Sedang Melihat Arsip Dokumen Kuisioner

Sampai sekarang juga masih tetap dilakukan beberapa kegiatan yang mendukung penilaian itu diantaranya membangun kemitraan dengan sekolah binaan, persiapan lomba Mural dalam rangka hari Bumi (baca juga posting beritanya di blog ini), dan terus menanamkan kebiasaan peduli lingkungan pada seluruh siswa.

Mohon doa restu dan dukungan dari segala kalangan, agar SD Al Muslim berhasil dalam kompetisi sekolah adiwiyata tersebut. Amin. (fir)

NB: Untuk mengetahui tata cara mengikuti kompetisi ini, indikator, dan mekanisme penilaian tentang adiwiyata bisa di klik disini

Advertisements