Memanen, Salah Satu Aktivitas Pembelajaran GE

Apakah Anda menemukan sekolah di wilayah perkotaan, tetapi lingkungan sekitarnya seperti sebuah desa? Kalau anda belum pernah menemukannya, silahkan berkunjung ke sekolah AL Muslim, Jl. Raya Wadung Asri39 F Waru, Sidoarjo. Anda akan menemukan hampatan lahan yang menghijau dengan tanaman sayur-sayuran, buah-buahan, TOGA, sampai tanaman pelindung.

Lembaga pendidikan Al Muslim yang menyelenggarakan mulai tingkat Kelompok Bermain (playgroup) sampai Sekolah Menengah Pertama (SMP) sangat concern dengan lingkungan hidup. Kepedulian itu dibuktikan dengan adanya kurikulum khusus mengenai lingkungan hidup yang diberi nama Green Education. Sejak 2006, kurikulum GE telah diterapkan di sekolah ini.

Ruang lingkup GE yaitu mengenal alam, hewan dan tumbuhan, masalah-masalah lingkungan, membangun komunitas, kesadaran global, dan ketrampilan hidup yang berkelanjutan. Tidak hanya itu saja, di sekolah yang seluas 2,2 hektar ini sekitar 0,5 hektarnya terdapat kebun yang digunakan juga untuk edukasi dan pembudidayaan. Siswa-siswi yang bersekolah di Al Muslim akan di ajarimulai dari menanam, merawat, memanen, sampai menjualnya.

Profil mengenai sekolah hijau di lembaga pendidikan Al Muslim dan foto-fotonya dapat dilihat plus dibaca disini

Advertisements