Suara gegap gempita yang terjadi di gedung Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo sangat menggema terdengar dari luar gedung. Gema suara itu bukan karena ada sekelompok orang yang sedang berunjuk rasa. Tetapi, berasal dari siswa-siswi SD yang sedang mengikuti lomba baca puisi tingkat Kabupaten. Ajang yang digelar Rabu (22/10) lalu itu menghadirkan beberapa peserta yang menjadi juara pertama lomba serupa di tingkat Kecamatan.

Alief Sedang Berlomba di Tingkat Kabupaten

Alief Sedang Berlomba di Tingkat Kabupaten

SD Al Muslim mengirimkan Alief Norman Ardhana (IVB) yang telah berhasil menjadi juara pertama tingkat Kecamatan Waru. Berangkat dengan mengendarai sepeda motor, Alief didampingi oleh ustadzah Sri Juhariyah, S.Pd. dan ustadzah Zaimatus Zaifaroh, S.Pd. Satu per satu peserta lomba yang dimulai pukul 9 pagi itu membacakan puisi yang telah dipilih sebelumnya. Alief membawakan puisi yang menceritakan mengenai alam karya ustadzah Zaim dengan judul Hujan.

Begitu seluruh peserta selesai membacakan puisinya dan telah dinilai dewan juri, peserta dipersilahkan untuk istirahat dan sholat sejenak. Tepat pukul satu siang, dewan juri mengumumkan pemenangnya. Namun, sebelum itu juri menyampaikan evaluasi dari seluruh tampilan peserta saat membaca puisi dan berkenan untuk membacakan puisi di hadapan seluruh peserta.

Bapak Syariffuddin selaku ketua dewan juri menyatakan bahwa benar-benar terkesima dengan teknik baca puisi para peserta yang masih tergolong anak-anak itu. Sayangnya, penampilan karakter yang muncul dari peserta bukanlah terkesan anak-anak melainkan berasal dari guru pembimbingnya. “Meski ada kesan yang baik dan yang kurang baik, saya tetap bangga kepada semua peserta terutama para guru pembimbing yang berhasil membimbing hingga mencapai tingkat Kabupaten ini. Sebab tidak semua guru berhasil mengantarkan siswanya hingga ke tingkat ini,” tuturnya saat akan membacakan nama pemenang lomba.

Begitu dewan juri menyebutkan bahwa pemenang pertama yaitu peserta dengan nomor urut tampilan ketiga, wajah dan senyum bahagia menghampiri Alief. “Alhamdulillah nak, akhirnya kau berhasil,” ucap syukur ustadzah Ifa disambut dengan meriahnya tepuk tangan peserta lain. Alief berhasil menjadi juara pertama dengan skor 495. Tidak hanya tahun ini saja SD Al Muslim berhasil meloloskan siswanya ke tingkat Propinsi. Dadan yang sekrang duduk di bangku SMP juga berhasil seperti Alief. Juara pertama pada lomba baca puisi tingkat Kabupaten ini akan mewakili Kabupaten Sidoarjo untuk mengikuti Pekan Seni Pelajar Tingkat Propinsi. Rencananya, pekan seni pelajar itu akan digelar sekitar Juli 2009 besok di Malang. “Mohon doa restu dan dukungannya ya, semoga Alief bisa tampil lebih optimal pada saat lomba berlangsung,” lanjut Sri Juhariyah, S.Pd. yang biasa dipanggil ustadzah Jujuk itu.(zaim/fir)