Pengumuman seleksi tahap III (7 – 20 Februari) dapat dilihat di halaman PMB 2008-2009 atau klik disini. Peserta yang mendaftar untuk tahap ketiga ini mulai jenjang playgroup sampai SMP sebanyak 18 siswa. Seluruh peserta tersebut dinyatakan LOLOS seleksi dan DITERIMA menjadi siswa di lembaga pendidikan Al Muslim Jawa Timur.

Seleksi yang dilakukan panitia terdiri dari tes akadik dan psikotes. Berdasarkan tes psikologi yang dilakukan tim psikolog salah satunya Dra Sri Rahayu Pujiastuti dari Biro Konsultasi Psikologi “MELATI” seluruh peserta tes tahap III memiliki IQ yang tergolong di atas rata-rata. Bahkan ada empat calon siswa yang IQ-nya tergolong superior. Kriteria penilaian dilihat dari  kepribadian, kecerdasan, dan kemampuan umum yang dimiliki peserta.

Untuk tes akademis penilaian disesuaikan dengan masing-masing jenjang pendidikan. Peserta yang akan mendaftar ke Kelompok Bermain (KB) dan TK dilihat kemampuan motorik kasar dan halusnya. Untuk ke SD dilihat kemampuannya dalam hal baca, tulis, hitung (calistung). Lalu ke SMP dites di bidang mata pelajaran Matematika, Bahasa Inggris, IPA, IPS, dan Bahasa Indonesia. Seluruh peserta tahap III di tiap jenjangnya mempunyai kemampuan itu semua di tiap jenjangnya.

Peserta yang diterima dapat melihat pengumumannya Sabtu (28/2) di hall TK dan dapat langsung mengambil hasil tesnya di ruang administrasi panitia PMB 2009/2010 (di atas hall TK atau ruang kaca). Bila tidak dapat segera didownload langsung dilihat di blog ini di halaman PMB 2009-2010.