Paskibraka SMP Al Muslim Dalam Upacara 17 Agustus

Upacara 17 Agustus merupakan salah satu cara untuk memperingati perjuangan para pahlawan melawan penjajah. Seluruh lembaga pemerintahan, swasta, maupun instansi pendidikan wajib menggelar kegiatan seremonial tahunan itu. Begitu juga dengan Lembaga Pendidikan Al Muslim cabang Jawa Timur yang menyelenggarakan pendidikan mulai Kelompok Bermain (KB) sampai Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Guru dan Staf Yayasan Al Muslim Sedang Mengikuti Upacara 17-an

Upacara untuk memperingati HUT RI ke-63 itu dilaksanakan di halaman depan SD yang diikuti oleh seluruh siswa-siswi SD, SMP, guru, dan staf yayasan. Bertindak sebagai inspektur untuk upacara kali ini adalah ustadz Suwandi S.S selaku Kepala Sekolah SMP Al Muslim. Tahun ini, siswa-siswi SMP kelas 8 dan 9 bertindak sebagai petugas upacara dan siswa-siswi SD sebagai kelompok paduan suara.

Aksi drama para siswa-siswi SD Al Muslim

Uniknya, begitu upacara selesai peserta disuguhi hiburan yang menarik antara lain drama perjuangan dan musik. Sebelumnya, hadiah lomba berupa trophy dan buingkisan juga turut dibagikan bagi para pemenang lomba. Drama yang disuguhkan yaitu tentang peristiwa Rengasdengklok dan perebutan hotel Yamato. Menariknya lagi, khusus drama tentang Rengasdengklok dibawakan dalam Bahasa Inggris. Meski cuaca pada saat itu sangat panas dan setting sederhana tidak mengurangi kualitas acting para siswa dalam memainkan perannya. Para siswa juga memakai atribut baju perjuangan, baju tentara, kebaya, pistol mainan, dan berbagai perlengkapan lain yang mendukung drama tersebut.

Aktor cilik siswa-siswi SD Al Muslim sebelum tampil

Aktor cilik siswa-siswi SD Al Muslim sebelum tampil

Selesai acara drama, giliran ekstrakurikuler band SMP Al Muslim yang terdiri dari Bintang (vocal), Ais (melodi), Ikbar (rhtym), Fachri (keyboard) mempersembahkan dua buah lagu. Lagu yang dibawakan oleh ekskul binaan Ustadz Evan dan Ustadz Fiz itu berjudul Bangun Pemuda Pemudi dan Arti Sahabat-nya Nidji secara akustik.

Aksi Ekskul Band SMP Al Muslim Saat Upacara 17-an

Aksi Ekskul Band SMP Al Muslim Saat Upacara 17-an